01 Maret 2011

Menteri Tifatul: Mati Saja Saya Siap

TEMPO Interaktif, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring menyatakan siap bila Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencopot dirinya dari Kabinet Indonesia Bersatu II. "Saya siap, kok. Mati saja siap," kata Tifatul.


Menurut Tifatul, perombakan (reshuffle) kabinet sepenuhnya merupakan hak prerogatif Presiden. Selama ini Tifatul mengaku hanya menganggap posisi menteri sebagai amanah. "Saat ditunjuk pun, saya ucapkan inna lillahi wainna ilaihi rajiun."


Tifatul menanggapi desakan sejumlah politikus Partai Demokrat agar Presiden Yudhoyono segera merombak kabinet dan mengevaluasi koalisi partai pendukung pemerintah. Desakan tersebut menguat setelah Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Golkar berselisih dengan Partai Demokrat soal usul pembentukan Panitia Khusus Angket Perpajakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat.


Menurut Tifatul, politikus Demokrat boleh-boleh saja melontarkan usul perombakan kabinet. "Silakan sajalah. Itu hak mereka." Namun keputusan ada atau tidak adanya reshuffle bukan di tangan partai. Karena itu, Demokrat mestinya menyampaikan langsung usul itu kepada Presiden Yudhoyono. "Kami akan lihat apa keputusan Presiden," ujar Tifatul, yang juga bekas Presiden PKS.


Di gedung DPR, Wakil Sekretaris Jenderal PKS Mahfudz Siddiq mengatakan Yudhoyono justru harus mengevaluasi peran para politikus Demokrat di Sekretariat Gabungan Partai Koalisi. Menurut dia, Demokrat tak bisa mengelola koalisi karena selalu menempatkan diri di atas partai koalisi lainnya. Akibatnya, kata Mahfudz, "Koalisi ribut terus."


Kalaupun PKS dikeluarkan dari koalisi, menurut Mahfudz, tidak ada jaminan bahwa koalisi tak akan ribut lagi. "Mau dikurangi atau apa, tidak ada jaminan." Dorongan Demokrat agar Presiden mencopot menteri asal PKS juga tak akan menyelesaikan masalah. "Memang Demokrat punya kader buat ganti?" ujar Mahfudz menyindir.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles