17 Mei 2011

Pilek: Penanganan Common Cold Pada Anak dan Bayi


Pengertian

Common cold adalah infeksi pada saluran pernapasan bagian atas (hidung dan tenggorokan) yang disebabkan oleh infeksi virus. Gejala utama common cold adalah pilek baik hidung tersembat maupun hidung meler.

Sebagian besar orang tua belum familiar dengan istilah common cold. Orang tua lebih terbiasa dengan istilah pilek, flu dan ISPA (infeksi saluran pernapasan akut). Padahal common cold tidak sama dengan flu atau ISPA. Namun kadang tidak mudah membedakan common cold dengan flu atau ISPA.

Common cold disebabkan oleh infeksi virus sehingga tidak memerlukan pengobatan antibiotik. Common cold dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease)



Anak dan Bayi Sering Terkena Common Cold

Anak dan bayi lebih sering terkena common cold dibandingkan orang dewasa. Bayi lebih rentan terkena common cold dibandingkan anak yang lebih besar. Dalam satu tahun, bayi bisa terkena common cold hingga tujuh kali atau bahkan lebih. Penyebabnya adalah bayi lebih mudah tertular oleh saudaranya atau orang dewasa di sekitarnya. Selain itu daya tahan tubuh bayi relatif lebih rendah. Oleh karena itu, penting untuk mencegah penularan ke bayi dan anak ketika ada orang dewasa di sekitarnya sedang sakit.



Gejala

Gejala utama common cold adalah pilek. Pilek bisa berupa hidung tersumbat, bisa juga hidung meler (keluar cairan/ingus encer). Awalnya ingus encer dan jernih, lalu menjadi lebih kental, dan berwarna kuning kehijauan. Ingus hijau bukan tanda infeksi bakteri.

Selain pilek, common cold dapat disertai gejala lain :

* Demam rendah, suhu badan berkisar 38 C
* Bersin-bersin
* Batuk
* Nafsu makan berkurang
* Anak rewel
* Tidur terganggu



Penyebab

Common cold disebabkan oleh infeksi virus. Banyak virus yang dapat menyebabkan common cold. Penyebab paling sering adalah rhinovirus dan coronavirus.

Ketika anak terinfeksi virus lalu sembuh, anak umumnya mempunyai daya tahan terhadap virus tersebut. Namun karena banyak sekali virus yang dapat menyebabkan common cold, wajar bila anak mengalami common cold lebih dari sekali dalam setahun, disebabkan terinfeksi virus yang berbeda.

Bayi dan anak dapat tertular virus penyebab common cold melalui :

1. Penularan melalui udara. Bila seseorang sakit batuk-pilek, saat dia batuk, bersin atau berbicara bisa menularkan virus pada bayi dan anak.
2. Kontak langsung. Virus dapat menular ketika orang yang sedang sakit menyentuh hidung/mulutnya, lalu menyentuh tangan bayi/anak, selanjutnya bayi/anak menyentuh hidung/mulutnya dengan tangannya yang sudah terkontaminasi virus.
3. Menyentuh benda yang terkontaminasi virus. Virus dari orang yang sedang sakit dapat melekat di permukaan benda dalam waktu 2 jam atau lebih. Anak/bayi bisa tertular bila menyentuh benda yang terkontaminasi virus lalu menyentuh mulut/hidungnya.



Komplikasi

Meskipun common cold merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya, common cold dapat menyebabkan komplikasi tertentu. Oleh karena itu, common cold tidak bisa dianggap sepele dan perlu pemantauan dari orang tua.

Adapun komplikasi yang dapat terjadi adalah :

1. Otitis media (infeksi telinga). Sekitar 5-15 persen anak yang terkena common cold terjadi infeksi pada telinga bagian tengah. Penyebabnya adalah adanya saluran yang menghubungkan antara tenggorokan dan rongga telinga.
2. Sesak napas. Common cold dapat berkomplikasi menjadi bronkiolitis dan pneumonia. Sesak napas ditandai dengan napas cepat dan berat.
3. Sinusitis. Sinusitis dapat terjadi pada anak besar.

Komplikasi tersebut lebih sering terjadi pada anak/bayi dengan faktor risiko tertentu :

1. Anak berusia kurang dari 2 tahun, karena daya tahan tubuh rendah
2. Anak menderita penyakit imunodefisiensi (daya tahan tubuh rendah)
3. Anak mendapatkan pengobatan kortikosteroid jangka panjang
4. Anak menderita penyakit kronik seperti penyakit jantung, asma, dan lain-lain.



Pengobatan Common Cold

Common cold disebabkan infeksi virus. Antibiotik tidak bermanfaat dalam pengobatan common cold. Antibiotik hanya bermanfaat pada infeksi bakteri.

Obat batuk dan pilek tidak dianjurkan diberikan pada bayi. Obat batuk-pilek tidak terbukti efektif mempercepat penyembuhan. Pemberian obat batuk-pilek pada bayi justru mempunyai risiko timbulnya efek samping obat.

Common cold dapat sembuh dengan sendirinya sehingga tidak memerlukan pengobatan khusus. Yang lebih diperlukan anak/bayi adalah pemberian cairan/minum lebih banyak, dan pemantauan kondisi emergensi.



Penanganan di Rumah

1. Berikan cairan lebih banyak. Cairan dapat berupa asi, susu, air putih, teh, jus, dan sup. Cairan sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Apabila anak susah minum, berikan cairan sedikit-sedikit tapi sering, sehingga jumlah total cairan bisa banyak.
2. Cairan NaCl tetes hidung. Dokter mungkin akan meresepkan cairan NaCl tetes hidung untuk mengencerkan ingus. Cairan tersebut relatif aman.
3. Pastikan anak/bayi mendapatkan makanan yang cukup. Makanan diperlukan untuk proses penyembuhan.
4. Pantau tanda-tanda kegawatdaruratan.



Segera ke dokter apabila ada tanda kegawatdaruratan berikut ini :

* Sesak napas atau frekuensi napas menjadi lebih cepat
* Napas berbunyi mengi (wheezing) atau seperti merintih (grunting)
* Anak tampak sangat lemah
* Anak tidak mau minum sama sekali
* Ada tanda-tanda dehidrasi (lihat artikel dehidrasi)



Pencegahan

Apabila ada orang dewasa yang sakit, cegah penularan kepada bayi dan anak dengan cara :

1. Gunakan masker selama anda masih batuk/pilek
2. Rajin cuci tangan terutama setelah menutup mulut atau hidung ketika batuk/bersin dan sebelum menyentuh anak/bayi
3. Buka jendela kamar atau ruangan untuk ventilasi

2 komentar:

Semua Bisa mengatakan...

Good Idea this blog is verry nice, Thanks for information and good Site and The best Author
Obat Hernia Anak
Obat Hidrokel Anak
Cara Menyembuhkan Hidrokel
Baja Ringan Tangerang
Penjual Baja Ringan di Tangerang
Puisi : Kurikulum Kelas Tiga
Puisi : Catatan Hitam (Untuk Negeri)
60 Kata-Kata Mutiara Gusmus

Noah Roland mengatakan...

Hello everyone! my name is Noah, I'm writing this article to appreciate the good work of DR AKHIGBE that helped me recently to bring back my wife that left me for another man for the past 6 months. After seeing a comment of a woman on the internet testifying of how she was helped by DR AKHIGBE I also decided to contact him for help because all i wanted was for me to get my wife, happiness and to make sure that my child grows up with his mother 'I love my wife' Am happy today that he helped me and i can proudly say that my wife is now with me again and she is now in love with me like never before. Are you in need of any help in your relationship like getting back your man, wife, boyfriend, girlfriend or loves and family relationship.  Viewers reading my post that needs the help of DR AKHIGBE should contact him via E-mail: drrealakhigbe@gmail.com You  can also call or contact him via whatsapp +2348142454860  He also cure deadly diseases and virus with his natural herbal medicine herbs.  like
HIV/AIDSHERPESASTHMAEPILEPSYNAUSEA VOMITING OR DIARRHEASTROKEEXTERNAL INFECTIONCANCERDIABETESCHRONIC DISEASEHEPATITIS A&B AND OTHERS. his email again:  drrealakhigbe@gmail.comnumber : +2348142454860 

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles