11 Juni 2011

Sebelum Agustus 2011 Jalan Provinsi di Cianjur Selatan akan diperbaiki

CIANJUR–Ruas jalan provinsi yang membentang dari Cianjur ke Kecamatan Sindangbarang, Cianjur selatan, pada akhir tahun 2010 mengalami perbaikan. Namun, selang beberapa bulan, jalan tersebut sudah mengalami kerusakan lagi.
Kerusakan diduga selain faktor beban berat kendaraan, juga genangan air hujan (drainase) menjadi penyebab rusaknya badan jalan tersebut. Menurut salah seorang pengendara motor, Nurjaman (41) mengatakan, sangat kecewa dengan hasil perbaikan jalan yang kurang memuaskan.
Menurutnya, badan jalan yang sudah diperbaiki semestinya mendapat perawatan lebih maksimal dari dinas terkait. “Setiap hujan, badan jalan mengalami banjir, saya rasa akibat dari air hujan yang menggenang itu menjadi penyebab rusaknya jalan ini, kendaraan berbobot besar yang melewati ruas jalan ini, itu juga bisa menjadi penyebab rusaknya jalan ini,” kata Nurjaman pada Radar Cianjur.
Menurutnya, setiap jalan yang dibangun dan diperbaiki pihak dinas teknis seharusnya memperhatikan letak geografis tanah di lokasi jalan. Jika tanahnya labil, memungkinkan pengerjaan tersebut tidak akan stabil. “Namun tetap yang lebih utama pihak kontraktor harus memperhatikan kualitas mengacu pada juklak dan juknis,” paparnya.
Munandar (35) tokoh pemuda Cianjur Selatan menilai, perbaikan ruas jalan provinsi maupun Kabupaten Cianjur, tidak akan maksimal serta berkualitas, kalau kondisi saluran drainase yang terletak bersebelahan dengan badan jalan tidak dibenahi terlebih dahulu.
“Siapa pun yang memegang pelaksanan proyek tersebut semestinya harus mengambil langkah untuk memperbaiki saluran drainase dulu sebelum melakukan perbaikan badan jalan itu,” jelasnya.
Sementara itu, Pelaksana Lapangan Balai Wilayah I Cianjur PU Bina Marga Provinsi Jawa Barat Nanang berjanji, atas masukan dan analisa perbaikan dilapangan, pihak Pemprov Jawa Barat tidakakan tinggal diam.
Bahkan ketika ada kondisi jalan yang rusak langsung dilakukan perbaikan. Meski untuk perbaikan yang cukup parah akan dilakukan oleh pihak rekanan. Langkah perbaikan itu, diantaranya tengah melakukan pemeliharaan dari kilometer 173-152, lalu 136-141 km, dan 121-109 km yang dikerjakan Dinas PU Provinsi Jawa Barat. “Sedangkan sisanya dilaksanakan oleh pemborong (rekanan), karena ruas jalan khususnya dari Cibeber sampai Sindangbarang tanggungjawab wilayah I Jabar,” ungkapnya.
Menurutnya, perbaikan jalan di ruas Sukanagara-Sindangbarang ditargetkan sebelum Agustus 2011, titik-titik rusak jalan harus selesai, sehingga dapat dinikmati oleh pengguna jalan.
Sedangkan mengomentari jalan cepat rusak, karena bisa saja faktor alam dan tidak menutup kemungkinan ada kekurangan dalam pengerjaan oleh rekanan. “Meski begitu kami akan selalu mengontrol dan langsung lapor ke Kepala Kantor PU Bina Marga Provinsi, ketika ada temuan di lapangan,” pungkasnya.(rp17)

(sumber:Radar Cianjur)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles