21 April 2011

Operasi sajadah efektif kontra teroris

Operasi "sajadah" yang dilakukan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan patut dinilai sebagai suatu langkah yang tepat untuk mengurangi doktrin jihad yang salah oleh teroris.

Operasi ini akan efektif bila dilakukan secara komprehensif dari seluruh stakeholder kontra teroris.


Demikian disampaikan analis hukum Margarito Kamis di Jakarta, hari ini menanggapi solusi hukum dalam penanganan teroris. Ia juga menolak penggunaan Densus 88 secara utama untuk melawan teroris.

"Dalam kerangka civilization, pendekatan seperti operasi sajadah itu bagus. Lebih mengajak secara manusiawi langsung ke masyarakat," katanya.

Operasi yang sempat dikecam beberapa pihak ini mampu efektif bila pemerintah melalui TNI/Polri serta aparatur daerah hingga tingkat RT ikut dilibatkan dalam penanggulangan kontra teroris. Karena menurutnya, aparatur pemerintahan terkecil lebih mengetahui kondisi sosial dan psikologi masyarakatnya.

Kesbanlimas yang ada dari tingkat pusat dan daerah kata Margarito sampai saat ini tidak berfungsi dengan semestinya. Bila institusi seperti Kesbanlimas tidak efektif, maka institusi lain masih dipertanyakan tugasnya.

"Bakor Pakem, BNPT, atau apalah namanya yang diciptakan hanya temporar. Harus ada pencegahan secara holistik dan komprehensif. Karena kekerasan seperti ini hampir ada di setiap zaman," tandasnya.( waspada.co.id)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles