26 April 2011

Pantai Jayanti, Keindahan Alam di Selatan Cianjur

Berbicara tentang Cianjur orang-orang lebih mengenal tentang beras. Banyak yang tidak mengetahui kalau sesungguhnya Cianjur memiliki pantai yang Indah.

Bagian selatan Kabupaten Cianjur berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Secara ukuran, Cianjur memiliki bibir pantai sepanjang 75 KM yang membentang dari Kecamatan Agrabinta yang berbatasan dengan Sukabumi ke Kecamatan Cidaun yang berbatasan dengan Kabupaten Garut.


Salah satu pantai yang cukup terkenal di Cianjur Selatan adalah Pantai Jayanti, di Kecamatan Cidaun. Pada dasarnya Jayanti merupakan sebuah dermaga tempat bersandarnya para nelayan Cidaun. Namun tidak jarang ada para pelancong yang ingin mngunjungi pantai tersebut.

Kebanyakan wisatawan datang ke Jayanti pada saat libur lebaran. Wisatawan yang datang kebanyakan wisatawan domestik dari Kabupaten Garut, Kabupaten Cianjur, seta Kota Bandung dan sekitarnya.

Di Pantai Jayanti, wisatawan bisa merasakan sensasi bakar ikan layur langsung di pinggir pantai. Ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan bisa langsung dibeli di pasar ikan Jayanti. Untuk peralatan masaknya bisa membawa sendiri atau beli di Jayanti.

Ombak di Pantai Jayanti terbilang cukup besar. Oleh karena itu, pantai ini tidak bisa menjadi tempat berenang. Hamparan pasir pantai yang disapu ombak hanya bisa dinikmati untuk sekadar foto-foto saja.

Pantai Jayanti terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, terdiri dari pasir-pasir pantai. Tempatnya kurang begitu nyaman untuk menjadi tempat istirahat di siang hari, karena udaranya yang panas, dan tanpa pohon peneduh.

Jika Anda ingin bersantai melihat pemandangan laut, Anda bisa mencoba bagian kedua dari Pantai Jayanti. Bagian yang satu ini terdiri dari batu-batu karang.

Angin dari pantai terhalangi oleh batuan karang yang menjulang. Anda bisa beristirahat di bawah batuan karang tersebut. Dan asiknya, di sana cukup teduh oleh pepohonan.

Untuk pergi Ke Jayanti Anda bisa menggunakan jalur Cianjur Kota-Sindang Barang-Jayanti, Bandung-Naringgul-Jayanti. Atau Jika Anda berasal dari Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis, Anda bisa menggunakan jalur Trans Jabar Selatan yang saat ini kondisinya cukup baik. ( inilah.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles