19 Juli 2011

Kesulitan Premium Warga Selatan Cianjur Belum Teratasi


CIANJUR, (PRLM).- Kesulitan warga beberapa kecamatan di wilayah Selatan Kabupaten Cianjur mendapatkan BBM jenis premium belum bisa tertanggulangi. Sebab SPBU masih memberlakukan pembatasan pembelian BBM terhadap para pengecer. Padahal warga di Selatan Kabupaten Cianjur selama ini membeli BBM di pengecer karena jarak ke SPBU terdekat sangat jauh.

Ramat warga Sindangbarang mengatakan, sampai saat ini persediaan BBM di pengecer belum ada perkembangan, masih terbatas. Akibatnya sering kali dirinya harus keliling dulu mencari BBM karena pengecer terdekat kehabisan stok. "Akibat stok BBM terbatas, harga jadi mahal. Dulu kan harga eceran itu paling mahal antara Rp 6.500 sampai Rp 7.000/liter, sudah hampir sebulan dapat Rp 8.000/liter sudah untung. Kalau info dari pedagang eceran sih persediaan kurang karena pembeliannya dibatasi," katanya.

Sementara manager SPBU di Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur Eli Saribanon membenarkan bahwa akhir akhir ini pihaknya melakukan pembatasan pembelian bagi UKM maupun pengecer. Langkah itu dilakukan supaya bisa melayani kebutuhan konsumen. Sebab bila tidak dibatasi dikhawatirkan tidak akan mencukupi untuk melayani konsumen umum perorangan. "Pembatasan dilakukan karena adanya edaran baru terkait pembatasan BBM untuk UKM dan pengecer. Misal, kalau sebelumnya ada kebutuhannya mencapai 20 drum, kini terpaksa hanya bisa dilayani sekitar tiga drum saja," katanya.

Dikatakan Elis, sebelumnya pasokan sering terlambat, kiriman BBM tiba malam hari. Sedangkan saat ini lebih cepat, menjelang sudah sampai. Namun pihaknya belum bisa memenuhi semua permintaan, sehingga pembatasan pembelian bagi UKM dan pengecer yang memiliki ijin dengan menggunakan jerigen dan Drum masih dilakukan. "Memang banyak yang protes, tapi mau bagaimana lagi. Karena kami tidak mau adanya gejolak di masyarakat, sehingga terus berupaya bisa melayani semuanya dengan cara pembatasan pembelian," katanya.

Dijelaskan Eli, SPBU tempatnya melayani kebutuhan BBM warga di 13 Kecamatan. Sebab SPBU terdekat dengan warga di 13 kecamatan itu hanya ada di Pagelaran. Sedangkan SPBU terdekat lainnya, jaraknya 25 km dari pagelaran ada di Kec. Sukanegara. pihaknya mendapatkan pasokan 16.000 liter premiun setiap harinya. Sedangkan solar sebanyak 16.000 liter dua hari sekali. Pasokan setiap hari dibagi dua, yaitu 8.000 liter untuk umum dan 8.000 liter lagi untuk pengecer. (A-116/das)***

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles